Terminal

Bekerja dengan baris perintah tidaklah tugas yang menakutkan seperti yang Anda pikir sebelumnya. Tidak dibutuhkan pengetahuan khusus untuk mengetahui bagaimana menggunakan baris perintah, ini adalah program seperti yang lainnya. Semua tugas di Linux dapat diselesaikan menggunakan baris perintah, walaupun telah ada alat berbasis grafik untuk semua program, tetapi kadang-kadang itu semua tidak cukup. Disinilah baris perintah akan membantu Anda. Terminal sering disebut command prompt atau shell. Di masa lalu, hal ini adalah cara pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, dan para pengguna Linux berpendapat bahwa penggunaan perintah melalui shell akan lebih cepat dibanding melalui aplikasi berbasis grafik dan hal ini masih berlaku sampai sekarang. Disini Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan terminal. Kegunaan awal dari terminal adalah sebagai peramban (browse) berkas dan kenyataannya saat ini masih digunakan sebagai peramban berkas, di saat lingkungan berbasis grafik tidak tersedia. Anda dapat menggunakan terminal sebagai peramban berkas untuk melihat berkas dan membatalkan perubahan yang telah dibuat.

  • Menjalankan Terminal

Untuk menjalankan Terminal pilih Applications->Accessories->Terminal .

  • Perintah Umum
  1. Menilik Direktori – ls
    Perintah ls (LiSt) melihat daftar berkas dalam suatu direktori.
  2. Membuat Direktori – mkdir (nama direktori)
    Perintah mkdir perintah (MaKeDIRectory) untuk membuat direktori.
  3. Mengubah Direktori – cd (/direktori/lokasi) Perintah cd perintah (ChangeDirectory) akan mengubah dari direktori Anda saat ini ke direktori yang Anda tentukan.
  4. Menyalin Berkas/Direktori – cp (nama berkas atau direktori) (ke direktori atau nama berkas) Perintah cp perintah (CoPy) akan menyalin setiap berkas yang Anda tentukan.Perintah cp -r akan menyalin setiap direktori yang Anda tentukan.
  5. Menghapus Berkas/Direktori – rm (nama berkas atau direktori) Perintah rm perintah (ReMove) akan menghapus setiap berkas yang Anda tentukan.Perintah rm -rf akan menghapus setiap direktori yang Anda tentukan.
  6. Memindah Berkas/Direktori – mv (nama berkas atau direktori) Perintah mv perintah (MoVe) akan memindahkan setiap berkas atau direktori yang Anda tentukan.

Untuk mengetahui lebih tentang perintah-perintah diatas ex:Option bisa dilakukan dengan mengetikkan -man (perintah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: