Mendagri Akan Awasi Facebook

Kementerian dalam negeri Inggris berencana mengawasi seluruh aktivitas warga di internet dan menyimpan seluruh informasi warga khususnya di situs jejaring sosial, seperti Facebook.

Kendati kebijakan tersebut ditolak oleh hampir sekira 40 persen responden dalam sebuah survei. Pemerintah Inggris bersikeras melakukannya.

“Komunikasi data merupakan faktor terpenting untuk melawan kejahatan dan membuat masyarakat tetap aman,” kata Menteri dalam Negeri Inggris, David Hanson seperti dilansir BBC, Rabu, (11/11/2009).

Sebelumnya, pemerintah Inggris juga telah melakukan konsultasi dengan sejumlah pihak terkait termasuk penyedia layanan telekomunikasi. “Saat ini kami sedang bekerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi dan mengenalkan peraturan baru mengenai hal ini, secepatnya,” kata Hanson.

Selama ini, polisi dan badan intelijen Inggris memang memiliki kewenangan untuk melakukan memata-matai hingga menyadap komunikasi sebagai upaya untuk melawan kejahatan. Tapi Aturan tersebut hanya sebatas pada panggilan telepon dan tak menyentuh komunikasi via internet.

Tak hanya memantau, Kementerian dalam negeri Inggris juga akan mengubah aturan yang mengharuskan setiap penyedia layanan telekomunikasi mengumpulkan dan menyimpan data rekaman yang bersumber dari internet mulai dari ruang chat hingga game online.
Sumber (Okezone)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: